28 Oktober???

   

Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

 Mungkin bagi kita-kita yang sudah meninggalkan dunia pendidikan SMA atupun SMP sudah hampir melupakan tanggal 28 Oktober. Masih ingatkah kita??? Ketika kita masih menjadi siswa apa yang tejadi setiap tanggal 28 Oktober?  ya.. hari dimana diperingati Hari Kebangkitan bagi kaum pemuda Indonesia untuk bersatu dan mengikrarkan janjinya sebagai warga negara Indonesia.. Hari ini kembali mengingatkan ku pada masa-masa silamku, hari dimana kita sudah berbaris dengan rapi di lapangan depan sekolah untuk mengikuti apel bendera, hari dimana sekolah kita mengadakan lomba-lomba utuk memperingati HARI SUMPAH PEMUDA.

    Ya sekali lagi itu hanyalah kenangan masa lalu. tpi sekarang mungkin kita sudah tidak hirau lagi mengenai hari sumpah Pemuda. Dan aku pun merasakan dijaman sekarang sekolah-sekolah hampir sedikit yang merayakan hari penting bagi para pemuda kita ini, kenapa…..? apa yang terjadi dengan pemuda kita sekarang….? apa yang terjadi dengan adik-adik kita sekarang…? apa yang terjadi pada sekolah-sekolah semua…? apakah rasa NAsionalisme kita sudah menurun….? Apakah kita sudah berani melupakan jasa besar para pejuang kita yang terdahulu…? Sungguh sakit dan pilu hati ini jika lama-kelamaan kita sudah melupakan jasa para pejuang kita..bak pepatah mengatakan “Bagai kacang lupa akan kulitnya”

   Mungkin dengan goresan tulisan ini kita sadar bahwa kehidupan yang kita peroleh sekarang ini juga  merupakan hasil nenek moyang kita yang gigih berjuang untuk mendapatkan suatu kata yang mungkin dibaca tidak berarti tapi jika dimaknai sungguh memiliki arti yang besar “MERDEKA”.  Siapa pun yang membaca tulisan ini, aku berharap…..kita kembali sadar mengenai posisi kita sebagai penerus Bangsa Indonesia. marilah kita lanjutkan perjuangan para pejuang kita yang terdahulu.. mari kita ciptakan rasa Nasionalisme kita dan cinta kita terhadap tanah air kit “NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA”

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

Text Sumpah PEmuda

Text Sumpah PEmuda

 

5 Tanggapan

  1. Wasik koment pertama lagi ney, ok mari mulai saja.

    Ko gag ada sumber dimana mengambil gambar dan text sumpah pemuda, nyolong yah?

    ” Dan aku pun merasakan dijaman sekarang sekolah-sekolah hampir sedikit yang merayakan hari penting bagi para pemuda kita ini, kenapa…..? apa yang terjadi dengan pemuda kita sekarang….? apa yang terjadi dengan adik-adik kita sekarang…? apa yang terjadi pada sekolah-sekolah semua…? apakah rasa NAsionalisme kita sudah menurun….? Apakah kita sudah berani melupakan jasa besar para pejuang kita yang terdahulu…? Sungguh sakit dan pilu hati ini jika lama-kelamaan kita sudah melupakan jasa para pejuang kita..bak pepatah mengatakan “Bagai kacang lupa akan kulitnya”
    : ini tidak sepenuhnya benar, saya tidak tahu dari mana mbah Dewa mengatakan demikian. Coba saja anda berkeliling ke seputaran kerobokan atau denpasar, banyak ko ada acara muda-mudi. Hati-hati bro. Sekarang saya tanya balik, mbah Dewa ikut Sekehe Teruna gag? Jangan alasan bekerja di pakai tidak pernah hadir, semua ada tempat dan waktunya. wakaka. hayo mbah ngomong apa hayoo.wakakakaa..(kidding)

    “kita kembali sadar mengenai posisi kita sebagai penerus Bangsa ”
    : TIDAK CUKUP, harus berbuat sesuatu, SADAR,PAHAM,MENGERTI,MEMAKNAI saja tidak cukup bro, do something!!!!real!!! wakaka.

    Yah ini hanya komentar singkat yang penuh semangat.

  2. yup mbah .. tpi aku berani taruhan ikrar sumpah pemuda yang dikumandangkan dulu sebagaian besar sudah melupakannya. gk usah lihat jauh-jauh.. mbah hafal isi sumpahpemuda ayo.. jangannyontek…haaa…..

  3. wah tidak boleh sesumbar begitu mbah Dewa, kalau saya hafal setelah membacanya, namun apalah arti sebuah sumpah atau janji kalau kita pandai mengucapkan namun hanya di bibir saja, saya yakin 100% anda pasti mengerti yang saya maksudkan.

    Dan bukan masalah hafal atau gag nya, tapi mana “action” dari sumpah pemuda atau janjinya? cukupkah hanya dengan di hafal? jawabnya TIDAK.

    OK silahkan di sundul lagi.

  4. emnag bol adisundul.. ha.. wah harus lebih banyak berguru lagi nih mba mbah.. he mohon bimbingannya ya…

  5. Waaaa, jiwa sumpah mudanya tinggi…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: