2+2=4 atau 2+2=5 ??

2+2=5 atau 2+2=4 ??
Nah ini memang lucu n membingungkan , kadang karena kita sudah berlajar dari SD bahwa 2+2 pasti 4 kita harus menerima jawaban itu sebagai suatu kenyataan.. Eits.. tapi dulu.. Kita mengenal bahwa didunia ini tidak ada yang kekal n pasti semua hanya ilusi.. he..kok kesana ya.. >
Nih penjelasannya :

  1. Ok , pertama misalkan a adalah suatu bilangan, b juga suatu bilangan sembarang
  2. terus kita misalkan a=b , nah ini berarti misalkan kita ambil untuk a=3 berarti b=3 jugakan? ok sampai dulu.
  3. Selanjutnya saya tulis a*a = a*b , sama aja kan..karena a=b
  4. ok nih lagi tak tambahin a*a-b*b = a*b – b*b , juga sama aja kan artinya, karena a=b.
  5. nah ini bisa saya rubah (a-b)(a+b) = b(a-b) , ingat pelajarang SMP (a-b)(a+b)=a*a-b*b
  6. nah sekarang saya sederhanakan , sama-sama dibagi (a-b), menghasilkan (a+b)=b (ingat pelajaran SMP)
  7. Oke.. seandainya saya ubah , kedua ruas ditambahkan 3 menjadi (a+b) + 3 = b + 3.
  8. Nah sekarang kalau kita ambil a=1 berarti b=1 juga kan, berarti (1+1)+3 = 1+3.
  9. Nah lo berarti 5=4, berarti kita boleh bilang dong 2+2=5 ???

he.. nah itulah menandakan didunia semua abstrak , tidak ada yang kekal. semoga bermanfaat🙂

10 Tanggapan

  1. “(a-b)(a+b) = b(a-b)” rumus dari mana tu brow??

    bukannya (a-b)(a+b) = a^2-b^2
    waduh, susah juga nulisnya,,maksudnya a kwadrat – b kwadrat
    wahh…ternyata matematika sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sampai2 rumusnya susah diterima akal..wakakakakak….tp lumayan, jadi mikir juga tuh..hehehe..

    Dew@_@jus : ini bukan salah tapi lihat dari point 5

    5. ok nih lagi tak tambahin a*a-b*b = a*b – b*b , juga sama aja kan artinya, karena a=b.

    Nah ruas kiri saya rubah jadi (a-b)+(a+b) kan bisa , terus ruas kanan saya rubah jadi b(a-b) kan bisa kalau saya tulis

    a*a-b*b = a*b – b*b
    (a-b)(a+b) = b(a-b) gini jadinya. he..🙂

  2. Dewa, ada hal-hal yang haq di dunia. Tidak semua produk pikiran/abstrak.

    Dewa, jangan terlalu memaksakan diri. Biasa aja.
    2+2=5 atau 2+2=4 ??.
    Semua orang tau 2+2=4, dan 2+2 bukan 5.
    Suka berfilosofi sedikit, 2+2=3+1 dst..
    Jadi 2+2 bukan 5.

    Mungkin anda seorang sarjana matematika, namun saya cenderung melihat anda mencari pembenaran tentang sesuatu jawaban dan jawaban yang anda buat semau GUE.

    Ok kalo kita mau belajar menerima sesuatu yang Haq yang nyata, maka 4 bukanlah 5. Karena, kedua bilangan ini punya fungsi nya masing-masing.

    Btw, jangan bicara 4 ama 5, kira-kira udah mengerti ga angka 1, kalo saya terus terang belum.

    Terima kasih.

    Dew@_@jus : Ha… kadang semua sesuatu yang baru dan tidak diterima akal sehat dianggap sesuatu yang bodoh n kurang masuk akal di dunia ini bahkan sering dibilang akal gila, contohnya penemu-penemu dulu Einstein dianggap gila karena teorinya tapi sampai sekarang masih digunakan, sudah saatnya kita mengexplorasi diri bukan hanya menerima apa yang sudah diwariskan itu sama saja dengan pencontek, peniru.. so. kita punya sesuatu menarik mari kita diskusikan dan cari kebenarannya.. itu baru namanya goood… tks

  3. Ribet ah…
    Mending ngitung duit aja Pak…😀

    Dew@_@jus : he.. cieh yang banyak punya duit awas sampai bingung hitung ntar 5 jadi 4 lo.. he..

  4. Uhm..koc kayaknya maksa yach ?? G mungknlah 5=4! Awas loch, bisa dimarahn guru matematik se-dunia baruu tau rasa….

    He..he…..
    Thx for visiting my blog.

    Dew@_@jus : He.. tks. atas komenya , he..ya sih.. tapi itu malah seru.. ,.. he..

  5. Dewa, tidak ada yang bodoh dan gila apa lagi peniru dalam hal ini, namun cobalah sedikit balacing antara logic dan feel.

    Ok, bisa saja 2+2=5 (menurut bro Dewa), seperti yang saya bilang terdahulu, ini faith (keyakinan) Dewa saja, so ndak masalah buat saya. Namun, bila sudah diekspos ke publik, harap berhati-hati, anda sama seperti saya membawa label.

    Gitu saja, kapan-kapan kita lanjut lagi.

    yoii.. itulah saya mengambil dari teori dan apa yang saya dapat dari bangku sekolah dulu.. karena itu yang saya temukan n itu yang saya utarakan..🙂 , karena ini jamannya berexplorasi buktinya dan cara pengerjaannya udah saya jelaskan juga dari mana dapat 4=5

  6. Yah… namanya juga sarjana matematika dari Univ. mana neh, jangan-jangan aliran sesat nee??

  7. tapi barusan saya ngitung 2 + 2 tetep 4 kok😀

    ini pasti dosen matematika gadungan !

    *digeplak*

  8. we adi stress kene timpal raga, semoga cepat sadar ya….
    saya akan selalu mendukung dalam masa penyembuhan mu……
    salam sayang ya…..

    Dew@_@jus : haaa.. bisa aja bli eka nih.. mana blognya udah di posting gak.. he…

  9. Dewa putih sekarang punya saingan yang pantas diperhitungkan

    Dew@_@jus: Saingan yang mana bli. tak lawan dah he….

  10. Barusan sy buka sius ini, mungkin terlambat, tapi sy coba menjawab mudah-mudahan ada gunanya.
    KESALAHAN terjadi pada langkah ke 6, yaitu pada penyederhanaan (a+b)(a-b) = a*a – a*b atau (a+b)(a-b) =a(a-b) menjadi a+b = a, kedua ruas dibagi (a-b), ini yg salah karena a=b berarti a-b = 0 (nol). PEMBAGIAN DGN NOL TIDAK TERDEFINISI.
    Contoh bilangan lain yg tak terdefinisi adalah 2 : 0, kita cari keujung dunia pun tidak ada jawabnya. Karena pembagian adlh invers dari perkalian. contoh, kenapa 10 : 5 = 2 ? Karena 2 * 5 = 10. Dari bentuk 2 : 0 = y maka y * 0 harus = 2. Jadi tidak ada nilai y yg memenuhi bentuk tadi.
    Cobalah dg kalkulator 2: 0 nanti jawaban pasti error. Beberapa program komputer bisa error dan pesan yg tampil error : divide by zero.
    Jadi penarikan kesimpulan dari langkah yg salah menghasilkan sesuatu yg salah. Jadi 2 + 2 = 5 adlh salah.

Tinggalkan Balasan

